Cara Menentukan Judul Skripsi

Hello guys :) ini blog pertama aku. disini aku akan memberikan beberapa tips untuk menentukan bagaimana Cara Mendapatkan Tema atau Topik skripsi kalian. untuk mahasiswa jenjang S1 semester 6/7, sebagian dari kalian pasti sudah dituntut untuk menentukan judul skripsi kalian. sebenernya ini pengalaman pribadi sih hehehe :D. sebenarnya untuk menentukan judul skripsi Tak perlu berpikir tinggi-tinggi, kadang hal yang ada disekitarmu juga bisa kalian teliti, itu akan semakin memudahkan kalian dalam meneliti.


Nah, inilah beberapa tips menentukan judul skripsi :


1. Mantapkan Niatmu


mengerjakan skripsi tentu membutuhkan niat dan semangat yang besar. Ide yang sesuai dengan minatmu akan memudahkan kalian dalam meneliti. coba temukan hal-hal yang sering kalian lakukan misalnya hobi, kegiatan sehari", dll. itu sangat mudah untuk diteliti. Saat kamu sudah bisa menemukan minatmu sendiri, kalian akan bisa menikmati proses pengerjaan skripsi kalian.



2. Sering" ke Perpustakaan


banyak kakak-kakak senior yang tertunda skripsinya gara-gara mereka malas untuk pergi ke perpustakaan. hai guys skripsi itu tidak akan selesai jika hanya duduk berdiam diri atau menghabiskan kegiatan-kegiatan yang kurang penting. skripsi itu intinya BANYAK MEMBACA. mungkin sebagian dari kalian malas atau kurang suka membaca. memang membaca terkadang membosankan, tetapi jika kalian hanya berdiam diri dan melakukan hal-hal yang sangat merugikan waktu kalian, percayalah skripsi kalian tidak akan selesai-selesai. jika diantara kalian banyak yang tidak sempat untuk pergi ke perustakaan kampus atau perpustakaan kota. jaman sekarang sudah menyebar di internet digital library contohnya "sciencedirect" yaitu perpustakaan internet yang kalian bisa cari sambil tidur-tiduran dirumah. di area sekarang untuk mengakses apapun sangatlah mudah, tergantung kaliannya mau bergerak atau hanya bermain hanphone dan jalan-jalan tidak jelas saja. Alhasil, skripsi kalian berantakan.

3. Ide tidak harus Baru




ide yang bagus tidak harus baru. kalian juga bisa mengembangkan ide dari referensi" jurnal yang sudah kalian dapatkan. kalian juga bisa bertukar pendapat dengan teman atau kakak tingkat yang sudah tuntas dengan skripsinya untuk menambah referensi kalian. ini bukan bermaksud untuk menjiplak atau plagiarism loh yaa. ide kalian memang boleh sama tetapi exprience kalian jelas harus berbeda. 

4. Ide sudah di Dapat


jika ide sudah mantap kalian dapatkan mulailah membuat outline untuk bab pertama. tetapi, pastikan judul yang kalian dapatkan sudah di perdebatkan dengan dosen pembimbing kalian. karena, biar tidak ada perubahan judul ditengah kalian mengerjakan skripsi dengan alasan dosen pembimbing kalian tidak menyetujui judul yang kamu dapat itu. dan jika kalian merencanakan untuk melanjutkan S2 pastikan topik atau theme skripsi kalian nyambung dengan jurusan ketika S1. agar nantinya kalian tinggal melanjutkan penelitian yang sudah kalian teliti diwaktu S1.

5. Bergabung dengan Proyek dosen




bergabung dengan proyek dosen akan membantu kalian untuk menentukan arah skripsi kalian. weekly discussion contohnya pembahasan skripsi disetiap minggunya. kalian akan mudah mendapatkan bahan-bahan untuk skripsi kalian dan juga menghemat biaya dan tenaga untuk bolak-balik mencetak jurnal dan pulang - pergi ke perpustakaan.  


nah, gimana guys sudah dapat pencerahan untuk tema skripsi kalian :)
semoga cepat kelar dan segera menyandang gelar sarjana ya... AMIN....



You Might Also Like

0 komentar

Playing Music

Everybody knows about music. Not only teenagers but also children to parents know about music. They sing, play an instrument, and listen t...